Tuesday, April 10, 2018


Di artikel sebelumnya kita telah membahas apa sih yang dimaksud dengan Komunikasi Daring, dan sekarang kita akan membahas sebuah Komunikasi yaitu Komunikasi Sinkron. 

Jadi Apa yang dimaksud Komunikasi Sinkron itu??
Komunikasi Sinkron ialah penggunaan Komputer untuk berkomunikasi dengan individu lainnya pada waktu yang sama melalui bantuan perangkat lunak. Salah satu contohnya Text Chat, Video Chat, dan lain-lain.

Ok sekarang merambat ke Text Chat, Text Chat memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi menggunakan text dengan pengguna lainnya. Text Chat dengan E-Mail mempunyai perbedaan yang mendasar yaitu sifat Text Chat yang merupakan komunikasi Sinkron, memastikan pesan yang akan dikirim akan dibaca saat itu juga jika pengguna lainya sedang daring (Online). 
Contoh layanan text chat seperti Gtalk, Yahoo Massanger, Facebook Chat, BBM, dan lain-lain. 

contoh tampilan text chat
Berbeda dengan layanan text chat, layanan video chat, atau bisa disebut Video Call, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi antar pribadi 1 ke 1. 
Pada umumnya, video chat harus dilaksanakan secara sinkron,dimana pengguna dan mitra harus ada di depan layar komputer (atau perangkat yang mendukung lainnya) secara serempak (pada waktu yang sama). 
Contoh Layanan Video Chat, antara lain Facebook Video Call, Google+ Hangouts, OmeTv, dan lain sebagainya. 


Sekian untuk artikel kali ini, Saya mau makan dulu Hehe.. XD 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Gēmu - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -